Wednesday 24 September 2014

GUNUNG PADANG

Hai hai, bulan April 2014 aku dapet tugas kantor untuk meliput Situs Megalitikum Gunung Padang. Well, it was fun, and this is my photo :)




Situs Gunung padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunung padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan WarungKondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks "bangunan" kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara
Gunung Padang yaitu suatu monumen yang besar. Punden berundaknya, memiliki tinggi lapisan pertamanya sampai 100 meteran. Luasnya 150 hektare, atau 10 kali lebih besar dari bangunan (Candi) Borobudur. Diperkirakan umur Gunung Padang lebih dari 13.000 tahun (Sebelum Masehi) atau sudah ada sekitar 3 atau 4 Carbon Dating (pengukuran umur lapisan  berdasarkan kandungan unsur karbon di lapisan tersebut). Bila pengukuran itu dapat dipertanggungjawabkan keakurasiannya, ini menjadi bukti bahwa kebudayaan di Jawa merupakan yang tertua di dunia.

Sejak Belanda menemukannya pada 1914, Gunung Padang telah dikenal (meskipun tidak banyak) sebagai yang terbesar dari sejumlah situs megalitik kuno di Indonesia.

After all, this is it, my reporting video, Enjoy! :)

No comments:

Post a Comment